Anda adalah apa dari kebiasaan anda, ketika anda telah terbiasa menjalankan kebiasaan kebiasaan buruk ini, mereka akan secara drastis mengahalangin jalan kesuksesan anda. akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini sangat berbahaya mereka secara perlahan lahan akan memberikan dampak negatif kepada anda tanpa anda ketahui
“Chains of habit are too light to be felt until they are too heavy to be broken.” -- Warren Buffett
menghilangkan kebiasaan buruk membutuhkan pengendalian diri. dan penelitian mengindikasikan untuk bahwa hal tersebut sangatlah baik untuk anda. dimana pengendalian diri mepunyai peranan besar dalam keberhasilan anda
Berikut adalah 10 Kebiasaan buruk yang perlu anda hilangkan dalam rutinitas sehari hari anda :
1. Menggunakan telpon, table atau komputer di kasur.
kebiasaan ini memberi pengaruh yang sangat besar , dan mayoritas orang orang tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat mengganggu tidur dan produktifitas mereka. gelombang pendek sinar biru yang dihasilkan matahari pada pagi hari memainkan peran penting dalam mood anda, energi dan kualitas tidur anda. ketika anda terpapar sinar biru ini tubuh anda akan berhenti menghasilkan hormon melatonin yang menyebabkan anda mengantuk dan menajadikan anda lebih siaga. pada sore hari, sinar matahari tidak lagi menghasilkan sinar biru ini sehingga hormon melatonin akan kembali diproduksi oleh tubuh anda dan menyebabkan anda mengantuk. dan pada malam hari otak anda perlu istiraha dan tidak membutuhkan sinar biru tersebut.
rata - rata perangkat elektronik seperti laptop, table dan handphone memancarkan sinar biru tersebut dan wajah anda secara langsung terpapar oleh sinar tersebut, paparan ini menyebabkan hormon melatonin kembali berhenti dan menghilangkan rasa mengantuk anda hal ini menyebabkan berkurangnya jam tidur kita sehingga pada pagi hari kita merasa kurang tidur dan dapat menghambat produktifitas kita.
rata - rata perangkat elektronik seperti laptop, table dan handphone memancarkan sinar biru tersebut dan wajah anda secara langsung terpapar oleh sinar tersebut, paparan ini menyebabkan hormon melatonin kembali berhenti dan menghilangkan rasa mengantuk anda hal ini menyebabkan berkurangnya jam tidur kita sehingga pada pagi hari kita merasa kurang tidur dan dapat menghambat produktifitas kita.
2. Sering berlama lama / rutin browsing internet.
butuh setidaknya 15 menit untuk anda berfokus sebelum anda dapat berkonsentrasi penuh dengan tugas anda. setelah 15 menit tersebut anda akan masuk kedalam kondisi dimana otak dan tubuh anda bekerja sama sehingga meningkatkan produktifitas anda. penelitian menunjukan bahwa orang dalam kondisi tersebut terbukti 5 ( lima ) kali lebih produktif dibanding orang - orang pada kondisi umumnya. ketika anda keluar dari kondisi tersebut dikarenakan keinginan anda untuk mengecek status facebook atau sekedar mengecek berita atau melihat skor sepak bola, hal ini menyebabkan anda perlu waktu 15 menit lagi untuk dapat kembali berkonsentarasi penuh.
3. Mengecek handpone anda saat sedang berdiskusi.
mengecek handpone anda saat berdiskusi dapat mengakibatkan hilangnya keteratikan lawan bicara anda, ketika anda akan memulai diskusi, fokuskan semua pikiran anda kedalam diskusi tersebut, anda akan menemukan bahwa diskusi akan menjadi lebih menarik dan efektif saat anda fokus kedalamnya.
4. Mengaktifkan lebih dari 1 notifikasi.
notifikasi merupakan mimpi buruk dalam produktifitas, studi menunjukan bahwa dengan selalu mengecek handphone dan email anda setiap mereka berbunyi akan
menyebabkan produktifitas anda terhambat. mengedapatkan notifikasi saat setiap pesan dari hanphone maupun email mungkin akan membuat anda merasa produktif, tp malah sebaliknya. dengan mengecek notifikasi anda pada waktu yang telah ditentukan ( 1 jam sekali atau beberapa jam sekali ) terbukti lebih efektif bila dibandingkan dengan slalu mengecek email dan handphone setiap notifikasi masuk.
menyebabkan produktifitas anda terhambat. mengedapatkan notifikasi saat setiap pesan dari hanphone maupun email mungkin akan membuat anda merasa produktif, tp malah sebaliknya. dengan mengecek notifikasi anda pada waktu yang telah ditentukan ( 1 jam sekali atau beberapa jam sekali ) terbukti lebih efektif bila dibandingkan dengan slalu mengecek email dan handphone setiap notifikasi masuk.
5. Selalu berkata "iya".
penelitian yang dilakukan universitas california di paris memunjunkan bahwa semakin susah anda menolak sesuatu makan semakin tinggi pula persentase anda untuk mengalami stress dan depresi. bagi kebanyakan orang, mengucapkan kata "tidak" merupakan tantangan terbesar. "tidak" adalah kata yang sangat kuat dan berguna bagi anda, anda tidak perlu takut untuk mengucapkannya. dengan mengucapkan kata "tidak" kepada komitmen baru dapat menolong anda memenuhi komitmen anda sebelumnya.
6. Memikirkan orang yang menurut anda menyebalkan.
akan selalu ada orang yang menyebalkan bagi anda dimanapun anda berada. karena mereka, anda akan naik darah saat memikirkannya. maka dari itu berlatihlah untuk bersyukur untuk orang lain yang telah berada dikehidupan anda ataupun orang orang disekitar anda, banyak orang orang disekitar anda yang membutuhkan perhatian anda, perhatikan mereka abaikan saja orang orang yang menyebalkan menurut anda.
7. Melakukan aktifitas lainnya dalam meeting.
anda tidak dapat membagi perhatian anda, terutama saat meeting. jika meeting tersebut tidak membutuhkan perhatian penuh anda maka anda tidak seharusnya berada dimeeting tersebut. dan jika meeting tersebut membutuhkan perhatian penuh dari anda maka anda sebaiknya memfokuskan diri anda pada meeting tersebut. melakukan aktifitas lain pada saat meeting memberikan kesan bahwa anda lebih penting dari peserta meeting lainnya, dan kesan ini adalah kesan buruk.
8. Bergosip.
gosip memberikan kesenangan atas keterpurukan orang lain.mungkin bergosip menyenangkan bagi seseorang pada awalnya, pada akhirnya akan melelahkan anda dan membuat anda merasa menyakiti orang lain.masih banyak hal positif dan hal yang perlu dipelajari dari orang - orang menarik diluar sana. berhentilah membicarakan keterpurukan orang lain.
“Great minds discuss ideas, average ones discuss events and small minds discuss people.” -- Eleanor Roosevelt
9. Menunggu untuk beraksi sampai melihat jelas bahwa kau akan sukses.
Mayoritas penulis menghabiskan berjam jam untuk membrain stroming karakter dan plot mereka, mereka bahkan menulis hingga berlembar lembar cerita meskipun mereka mengetahui bahwa tidak semua tulisan mereka akan dicantumkan pada buku yang mereka buat. mereka melakukan ini dikarenakan mereka tahu bahwa membutuhkan waktu yang lama sebelum ide mereka dapat berkembang. kita cenderung berhenti dan menunggu untuk memulai, saat kita mengetahui bahwa ide kita tidaklah sempurna dan hasil yang dihasilkan tidaklah menarik dan bagus. tapi bagaimana anda dapat menghasilkan sesuatu yang hebat jika anda tidak memberikan kesempatan kepada ide anda untuk berkembang?. penulis Jodi Picoult, mensimpulkan pentingnya menghindari perfectsionis. "anda dapat mengedit halaman yang buruk ataupun jelek, tapi anda tidak dapat mengedit halaman kosong"
10. Membandingkan Diri anda dengan orang lain.
ketika anda merasakan kesenangan dan kepuasan yang didatangkan dari membandingkan diri anda dengan orang lain, maka anda akan kehilangan tolak ukur kesenangan anda. ketika anda merasa terpuaskan akan apa yang telah anda kerjakan, jangan biarkan komentar negatif dan positif dari orang lain membuat anda lupa diri. ketika opini mereka mustahil anda hindarkan, anda tidak perlu membandingkan dengan orang lainnya, dan anda dapat menerima opini orang lain dengan bijak. biarkan orang lain berkata apa tapi hanya 1 hal yang pasti, anda tidak akan mungkin seburuk dan sebaik yang mereka bicarakan.