10 Cara Mengembangkan Kemampuan Managemen Waktu Anda.

Belajar Managemen Waktu
10 Cara Mengembangkan Managemen Waktu Anda
Pernahkah anda mengalami stress dikarenakan banyaknya pekerjaan ? pekerjaan menjadi semakin banyak sedangkan waktu yang dimiliki hanya sedikit. Hal ini tidak akan anda alami bila anda dapat memanage waktu anda dengan baik.


Triknya adalah untuk mengatur pekerjaan anda dan menggunakan waktu secara efisien untuk dapat menyelesaikan setiap pekerjaan anda setiap harinya. 


Dengan begitu stress akan bekurang dan anda dapat menunjukan performa yang baik dalam lingkungan kerja anda. Managemen waktu adalah kemampuan yang membutuhkan fokus dan waktu yang tidak sedikit untuk menguasainya. 

Anda hanya perlu menemukan teknik yang terbaik untuk anda dalam menjalankan pekerjaan anda. gunakanlah strategiberikut untuk beberapa minggu kedepan, dan anda akan merasakan sendiri hasilnya.


1. Menyerahkan Pekerjaan / Tugas

Merupakan hal umum bagi kita untuk menerima pekerjaan tanpa melihat batasan diri kita sendiri, hal ini yang menyebabkan stress meningkat. Menyerahkan pekerjaan bukan berati anda lari dari tanggung jawab, tapi merupakan fungsi penting dari managemen waktu.


2. Urutkan Prioritas Pekerjaan

sebelum memulai pekerjaan, buatlah list dari pekerjaan yang membutuhkan perhatian lebih dan utama,  prioritaskan pekerjaan yang perlu diselesaikan pada hari itu juga atau penting, sedangkan untuk pekerjaan yang memiliki tenggat waktu cukup lama dapat anda lanjutkan keesokan harinya.


3. Hindari Menunda pekerjaan.

Menunda merupakan hal yang berdampak sangat buruk untuk produktifitas and, hal ini dapat menimbulkan terbuangnya waktu dan tenaga. hindari menunda pekerjaan bagaimanapun juga, karena dapat menyebabkan masalah besar dalam karir maupun kehidupan pribadi anda.


4. Buat Jadwal Pekerjaan

Bawalah buku catatan atau gunakan aplikasi untuk mencatat semua perkerjaan yang perlu anda lakukan, buatlah to do list yang simple sebelum anda memulai hari anda, pastikan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan. untuk dapat mengatur kemampuan managemen waktu anda lebih baik, buatlah 3 list : kantor, Rumah dan Personal


5. Hindari Stress

Stress muncul saat kita menerima pekerjaan lebih dari kemampuan kita, hal ini menyebabkan tubuh kita merasa lelah dan dapat mempengaruhi produktifitas. Cobalah membagi tugas dengan bawahan ataupun rekan anda dan pastikan anda memiliki waktu untuk rileks.


6. Memberi Deadline

ketika anda diberikan tugas, berikan tugas tersebut deadline dari anda. cobalah untuk memberikan deadline beberapa hari sebelum deadline sebenarnya. tantang dirimu dan penuhi deadline anda. hibur diri anda saat anda dapat memenuhi deadline yang anda buat.


7. Hindari Multitasking

Banyak yang merasa bahwa melakukan multitasking merupakan hal yang efisien dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaan anda, tapi sebernya kita dapat menyelesaikan pekerjaan anda dengan baik bila kita fokus dan berkonsentrasi pada satu hal saja. multitasking menghambat produktifitas anda dan harus dihindari untuk meningkatkan kemampuan managemen waktu.


8. Bangun Lebih Awal

Mayoritas pria dan wanita yang sukses memiliki satu kebiasaan  yang sama. mereka memulai hari mereka lebih awal dari orang - orang pada umumnya, mereka gunakan waktu ini untuk bersantai , berfikir dan mengatur hari mereka. ketika anda bangun lebih awal anda akan merasa lebih tenang , lebih kreatif dan pikiran anda lebih cerah.


9. Beristirahat

Sesibuk apapun anda berisitirahatlah setidaknya 10 - 15 menit tiap 1 - 2 jam. terlalu banyak tekanan dan terlalu lama  anda bekerja dapat menyebabkan menurunnya produktifitas anda. mendengarkan musik atau sekedar berjalan meluruskan otot - otot anda, dapat menenangkan pikiran anda.


10. Belajarlah Berkata TIDAK

Tolaklah secara halus pekerjaan tambahan saat anda merasa sudah merasa overload, cek kembali to do list anda sebelum menerima pekerjaan tambahan

Load comments