![]() |
Review Daihatsu Ayla |
Daihatsu ayla merupakan mobil jenis Low Cost Green Car atau yang biasa disebut dengan LCGC , Review ini saya buat berdasarkan pengalaman saya mengendarai mobil ini selama 5 ( Lima) tahun.
1. Konsumsi Bahan bakar
Ayla merupakan mobil dengan kapasitas mesin 1000cc hal ini menyebabkan Ayla merupakan mobil yang irit, hal ini sudah saya buktikan dengan bolak balik jakarta - garut rute tol bandung, dimana Ayla hanya melahap 1 liter bensin untuk 20 - 22KM atau 1:22.lebih mudahnya, saya isi full tank 300 ribu dengan SHell V - Power dari Jakarta dan masih memiliki sisa 2 bar dari 8 bar bensin saat sampai kembali di Jakarta. untuk dalam kota setidaknya saya mendapatkan 1:16 karena macet
2. Kenyamanan Kabin
Tingkat kenyamanan kabin dari Daihatsu Ayla bisa saya beri nilai 5.5/10 untuk luar kota , hal ini dikarenakan kurangnya peredaman mobil yang dimiliki Ayla, sehingga membuat suara dari luar masih terdengar cukup mengganggu didalam kabin.apalagi saat melalui jalan bebas hambatan / tol yang kondisi jalannya tidak di cor. selain itu untuk jarak jauh dan diisi dengan 4 ( empat ) orang dewasa saya nilai masih kurang nyaman.
untuk dalam kota saya beri nilai 7/10 , karena saya rasa cukup nyaman dalam kabin Ayla untuk kondisi stop and go stop and go.
Oia Pendingin / AC dari Daihatsu ayla juga lumayan dingin, kabin dan bagasi Ayla bisa terbilang luas, saya pernah memasukan stroller yang cukup besar. bangku belakang Ayla juga bisa dilipat kedepan bila anda membutuhkan bagasi lebih. tapi tidak bisa dilipat kebelakang.
hal ini berbeda untuk keluar kota dimana tenaga yang dihasilkan Ayla saya rasa kurang memumpuni untuk melewati tanjakan yang rada curam , akan tetapi untuk manual masih dapat melalui tanjakan yang rada berat.
untuk dalam kota saya beri nilai 7/10 , karena saya rasa cukup nyaman dalam kabin Ayla untuk kondisi stop and go stop and go.
Oia Pendingin / AC dari Daihatsu ayla juga lumayan dingin, kabin dan bagasi Ayla bisa terbilang luas, saya pernah memasukan stroller yang cukup besar. bangku belakang Ayla juga bisa dilipat kedepan bila anda membutuhkan bagasi lebih. tapi tidak bisa dilipat kebelakang.
3. Tenaga
Tenaga untuk dalam kota saya rasa cukup baik, hal ini dikarenakan meskipun cc mesin kecil akan tetapi saat melakukan tarikan awal hingga gigi 3 / 4 ( punya saya manual ) dirasa cukup bertenaga dan memumpuni dikondisi macet Jakarta.hal ini berbeda untuk keluar kota dimana tenaga yang dihasilkan Ayla saya rasa kurang memumpuni untuk melewati tanjakan yang rada curam , akan tetapi untuk manual masih dapat melalui tanjakan yang rada berat.
hal ini saya rasakan saat saya melewati tanjakan kamojang di garut, dimana kondisi jalan yang saat itu sedang dalam perbaikan dan harus berhenti di tengah - tengah tanjakan. perlu matikan AC dan memainkan gas , kopling dan siap mental.
4. Perawatan
Perawatan untuk mobil terhitung sangat mudah, mungkin karena saya menggunakan mobil hanya untuk berpergian di sabtu dan minggu atau hari - hari libur saja.
Servis berkala saya lakukan di bengkel resmi ( Daihatsu Otista ) 1x dalam setahun biasanya menghabiskan 1,2 - 2 Jt itu sudah termasuk penggantian oli dan perawatan berkala. oli yang disarankan oleh pihak beres adalah oli yang mampu menempuh jarak 10rb KM. dan kebetulan pemakaian saya selama setahun biasanya 10rb KM kurang dikit.
Overall saya rasa Ayla cukup memumpuni untuk pria / wanita single dan keluarga baru dengan 1 orang anak, tapi bila dalam jangka dekat ( 2 - 5 Tahun ) ingin memiliki 2 orang anak, sebaiknya anda memilih mobil lainnya yang memiliki 7 kursi penumpang. untuk LCGC anda bisa melirik Cayla , Sigra dan Datsun Go Panca. Bila Anda memiliki Budget lebih anda bisa memilih Avanza, Xenia atau Ertiga yang sudah terbukti ketangguhannya.
Fyi : Ayla saya merupakan tipe M Sporty MT ( Manual ) 2014.